Nabire, 16 Desember 2025
PUSAT PENGEMBANGAN
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA, DAERAH TERTINGGAL
SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2025 TERHADAP KINERJA TPP
DESKRIPSI SINGKAT
Pendampingan masyarakat
desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat desa melalui asistensi,
pengorganisasian, pengarahan, dan pendampingan desa yang salah satunya melalui
peran Tenaga Pendamping Profesional (TPP).
Secara berjenjang TPP terdiri dari Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD), Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten, TAPM Provinsi, dan TAPM Pusat.
Berikut 11
pertanyaan yang diberikan ke kepala desa, aparat pemerintah desa, dan
masyarakat untuk menjawab secara objektif :
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang kemudahan dalam menerima fasilitas dan pendampingan dari TPP apaka dilihat dari persyaratan teknis dan administratif ? (Sangat mudah, mudah, kurang muda, sulit)
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait kemudahan dalam memahami mekanisme atau prosedur apabila hendak meminta fasilitasi dari pendampingan oleh TPP.(sangat mudah, mudah, kurang mudah, sulit )
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait kinerja TPP dalam memberikan fasilitasi dan pendampingan apabila dilihat dari evektifitas waktu ? (sangat baik, baik, kurang Baik, buruk).
- Bagaimana pendapat BPK/Ibu terkait kualitas pelayanan fasilitasi dan pendampingan oleh TPP apabila dilihat dari aspek biaya/tarif ? ( gratis, murah, cukup mahal, mahal ).
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait kualitas output dan outcome dari kegiatan fasilitasi dan pendampingan yang dilakukan oleh TPP ? ( sangat baik, baik, kurang baik, buruk )
- Bagaimana pendapat Bapak/ibu terkait kualitas yang dimiliki oleh TPP selama mendampingi atau memfasilitas kegiatan ? ( sangat baik, baik, kurang baik, buruk )
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait sikap dan prilaku TPP selama memberikan fasilitasi dan pendampingan ? ( sangat sopan dan ramah, sopan dan ramah, kurang sopan dan ramah, tidak sopan dan ramah )
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait kinerja TPP dalam melakukan penaganan pengaduan ? ( sangat responsif, kurang responsif, tidak responsif )
- Bagaimana pendapat Bpk/Ibu terkait penanganan pengaduan masalah yang dilakukan oleh TPP selama ini? ( dikelola dengan sangat baik, dikelola dengan baik, kurang baik, tidak baik )
- Bagaimana pendapat Bapak/Ibu terkait kinerja yang dilakukan oleh TPP selama melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada masyarakat ? (sangat baik, baik, kurang baik, buruk ).
- Dari 10 pertanyaan diatas disimpulkan dengan 1 pertanyaan terakhir yaitu : ” Apakah saran dan masukan dari Bapak/Ibu terkait peningkatan kinerja TPP ?

Tidak ada komentar:
Posting Komentar